Thursday, January 17, 2013

Penanganan darurat Murai Batu yang sakit

burung lemah
Bila burung yang sakit tidak mendapat penanganan segera, maka resikonya burung bisa mati .
Gejala atau tanda-tanda yang biasanya dialami burung yang sakit adalah mulai jarang berkicau, malas makan dan tampak lesu (lebih sering diam).  Maka dari itu jika menemukan gejala yang seperti itu pada burung anda, maka segera lakukan pertolongan dengan secepatnya.



Berikut ini adalah tips atau langkah-langkah yang bisa anda lakukan untuk merawat burung anda yang sakit, yaitu :
  1. Pisahkan burung yang sakit dari burung yang sehat, atau dikarantina.
  2. Masukkan burung yang sakit ke dalam sangkar khusus yang telah diberi potongan karpet atau alas koran.
  3. Sediakan tempat minum dan berikan air secukupnya. Namun karena burung yang sedang sakit akan jarang minum maka sebaiknya beri makanan yang banyak mengandung air, misalnya buah pepaya.
  4. Sediakan lampu pijar kecil dalam kandang untuk memberi kehangatan sekitar 33-370 C. Jika terlalu panas maka berikan penghalang berupa kain atau kertas
  5. Sediakan pakan burung yang  mengandung gizi tinggi, seperti kroto basah, madu, susu. Dan sebaiknya pakan diberikan dalam bentuk bubur (bisa dilumat atau dibikin jus). Jika burung tidak mau makan maka harus disuapi. Agar kondisi badan cepat pulih burung yang sakit harus disuapi tiap 2 jam sekali atau minimal 3 kali sehari.
  6. Jauhkan dari sumber keramaian atau keributan. Lingkungan yang ramai dapat membuat burung stres yang bisa membuat sakit bertambah parah.
  7. Untuk burung kenari, perlu di suapi dengan bubur bayi beras merah dicampur kuning telur rebus.
  8. Untuk burung pemakan serangga dapat disuapi dengan telur rebus yang dipotong-potong, atau dengan serangga jangkrik, kroto, ulat hongkong atau dengan buah-buahan. Jika burung sudah mengalami sedikit kemejuan, maka sebaiknya dijemur.

 http://jenisburung.com/jika-burung-anda-sakit/

0 comments

Post a Comment